Komputer
Bagian-bagian Komputer Personal.
1: Monitor
2: Papan induk
3: Pemroses
4: Slot ATA
5: Memori Akses Acak (MAA)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Cakram keras
10: Papan Tombol
11: Mouse
2: Papan induk
3: Pemroses
4: Slot ATA
5: Memori Akses Acak (MAA)
6: Slot PCI
7: Catu Daya
8: Tempat cakram optik
9: Cakram keras
10: Papan Tombol
11: Mouse
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Jenis
Sekalipun demikian, definisi di atas
mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau
beberapa fungsi. Ketika mempertimbangkan komputer modern, sifat
mereka yang paling penting yang membedakan mereka dari alat
menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan pemrograman yang
benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun (meskipun
barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang
berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat
perkomputeran yang akan kita ciptakan pada masa depan (meskipun
niscaya lebih lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini
adalah tes yang berguna karena mengenali komputer "maksud umum"
dari alat maksud istimewa yang lebih awal. Definisi dari "maksud
umum" bisa diformulasikan ke dalam syarat bahwa suatu mesin
harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin yang mendapat
definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama mereka
muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh
dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail
periode ini.
Komputer benam
Pada sekitar 20 tahun yang lalu , banyak
alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video
tetapi juga mencakup telepon genggam, perekam kaset video, PDA dan
banyak sekali dalam rumahtangga, industri, otomotif, dan alat
elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti
komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan catatan
bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di
dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program mesin).
Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai
"mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded
computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi
komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan
informasi, daripada menjadi bagian dari sistem yang lebih besar
seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa
diubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modifikasi fisik.
Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC)
adalah macam utama komputer yang mendapat definisi ini.
Komputer pribadi
Komputer pribadi atau personal
computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal
dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab
dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang
memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang
lebih spesifik dan tepat.
Komputer pribadi atau personal
computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal
dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab
dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang
memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang
lebih spesifik dan tepat.
Bagaimana komputer bekerja
Saat teknologi yang dipakai pada
komputer digital sudah berganti secara dramatis sejak komputer
pertama pada tahun 1940-an (lihat Sejarah perangkat keras menghitung
untuk lebih banyak detail), komputer kebanyakan masih menggunakan
arsitektur Von Neumann, yang diusulkan pada awal 1940-an oleh John
von Neumann.
Arsitektur Von Neumann menggambarkan
komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU),
unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan byte
yang dinomori (seperti "sel" atau "lubang burung
dara"), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi
ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang
harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer
untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah
satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian
menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk
informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner
akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya
menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F
disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner) menggunakan
salah satu metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa
digunakan untuk menyimpan gambar, suara, video, dan berbagai macam
informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu sell dinamakan
sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis kembali
lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan
kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis
dengan pena yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan jumlah
sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi
dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat - dari relay
elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet
permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan
transistor di atas satu chip silikon.
Pemprosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central
processing Unit) berperan untuk memproses perintah yang diberikan
oleh pengguna komputer, mengelolanya bersama data-data yang ada di
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi
dengan peranti input , output dan storage untuk melaksanakan
instruksi yang saling terkait.
Dalam arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau
Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan pelaksanaan
dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan
semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk
kesetaraan). Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang
sebenarnya.
Unit kontrol menyimpan perintah
saat ini yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk
melaksanaan dan mendapatkan kembali informasi (dari memori) yang
diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali
hasil ke lokasi memori yang sesuai. Unit ini berfungsi mengontrol
pembacaan instruksi program komputer.
Masukan dan hasil
I/O membolehkan komputer
mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada
berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk
drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web,
pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan
biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem
komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi
yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini,
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan
perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai perintah
sederhana dalam jumlah terbatas yang dirumuskan dengan baik. Perintah
biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel
123, dan tempat tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel
666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013", dan "jika
isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer
sebagai nomor - kode untuk "menyalin" mungkin menjadi 001,
misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer
tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam praktiknya,
orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung
di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman "tingkat
tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin secara
otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa
seperti Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail
pelaksanaan sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan
unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Unit
Pemroses Sentral atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat UPS.
Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah
ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau
alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar
berbeda dari model di atas di satu hal utama - mereka mempunyai
beberapa UPS dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih
lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud
penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan
dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan
komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip
sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari
memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah
berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar
perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di
dalam tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan
banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Sebuah komputer
pribadi modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3
miliar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan luar
biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks.
Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh
orang pandai, pemrogram."Programmer Baik memperkembangkan
set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar
titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada
programmer lain". Sekarang ini, kebanyakan komputer dapat
melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke
sebagai multitasking. Pada kenyataannya, UPS melakukan perintah dari
satu program, kemudian setelah beberapa saat, UPS beralih ke program
kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini
sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini
menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara
bersamaan dengan memberikan waktu UPS di antara program. Ini mirip
bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan.
Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini
membagikan
Sistem operasi
Sistem operasi adalah semacam gabungan
dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat
dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program komputer, setelah
bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya memindahkannya ke
dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program mana
yang akan dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan layanan
(service) kepada program lain, seperti kode yang membolehkan
pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung pada
komputer.
Sistem operasi adalah semacam gabungan
dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat
dipakai secara bersama oleh beraneka-ragam program komputer, setelah
bertahun-tahun, pemrogram (programmer) akhirnya memindahkannya ke
dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program mana
yang akan dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau
I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan layanan
(service) kepada program lain, seperti kode yang membolehkan
pemrogram untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung pada
komputer.
Penggunaan komputer
Anak-anak sedang belajar penggunaan
komputer bersama sang guru.
Komputer digital pertama, memiliki
ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya.
Komputer pada masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan
perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk
memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan (artileri),
menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom
hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang
dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala
dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di
bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama
Australia, mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan
dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar.
Selain itu juga dipakai dalam kriptanalisis, misalnya komputer
elektronik digital yang pertama, Colossus, dibuat selama Perang Dunia
II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka bahwa pemrograman itu
akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan
besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data
dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia -
misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam
bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer
untuk analisis mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat
mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis,
organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak komputer
kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer
kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih
kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di
1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC
menjadi populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis
dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang
matematika dengan lembatang sebar, berhubungan dengan e-pos dan,
Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization
sudah melihat mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya
dengan mengatur memrogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat
lain seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan
perlengkapan industri. Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan
alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan kontrol yang
lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di
mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat listrik,
kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi
pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan
bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar
yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras
(hardware).
Perangkat keras
- Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
- Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
- Hard drive, media penyimpanan semi permanen
- Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mouse, keyboard, dan tablet
- Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor,speaker,plotter,proyektor dan printer
Perangkat lunak
- Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input, output, pemrosesan, memori, serta instalasi software. - Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada komputer
- ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
- AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
- IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
- USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)
Jenis komputer
- Komputer analog
- Komputer pulsa
- Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
- Minikomputer
- Mainframe computer
Posting Komentar